Wisata

Bupati Upayakan Peningkatan Harga Jual Kopi Buleleng

 Kamis, 14 Oktober 2021, 15:50 WITA

beritabali/ist/Bupati Upayakan Peningkatan Harga Jual Kopi Buleleng.

IKUTI BERITABULELENG.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabuleleng.com, Buleleng. 

Kopi merupakan komoditas perkebunan andalan Kabupaten Buleleng. Baik jenis kopi arabika dan robusta, menjadi produk unggulan yang masih mampu menggerakkan roda perekonoian Bali Utara ditengah pandemi Covid-19. 

Melihat sentralnya peran kopi bagi perekonomian Bali Utara, pemerintah pusat maupun daerah terus menggenjot perbaikan sektor perkebunan kopi. Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana secara khusus, terus mengupayakan peningkatan harga jual Kopi Buleleng.

Keseriusan tersebut terlihat dari dukungan penuh yang diberikan pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya dan Pasca Panen Kopi Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Ditjen Perkebunan Kementrian Pertanian RI yang di supervisi oleh Komisi IV DPR RI di Hotel Bali Taman, Rabu (13/10/2021).

Bupati Suradnyana mengatakan Bimtek ini merupakan hal yang sangat penting bagi para petani kopi. Selain mendapatkan pengetahuan, para petani juga bisa bertukar pikiran terkait budidaya kopi. Mulai dari budidaya hingga pasca panen. 

”Ini sangat penting buat kita karena sudah pasti ada nilai tambahnya,” katanya.

Bupati PAS menambahkan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah akan terus mendorong para petani kopi khususnya di Kabupaten Buleleng. Tidak hanya menambah pengetahuan para petani, Suradnyana mengatakan Ia akan mengupayakan solusi lain untuk meningkatkan produksi kopi. Sehingga, berkontribusi pada peningkatan harga jual kopi. 

“Pasca panen berikutnya, akan kita upayakan. Dicarikan bantuan untuk pengolahannya. Tentunya untuk meningkatkan harga kopi dan petani punya kreativitas untuk menjual serta membuat jenis rasa,” jelasnya.


Halaman :